5 Komponen yang Mendukung Fungsi Lampu Rem, Sudah Tahu?

Setiap mobil tentunya tidak pernah lepas dari komponen lampu karena fungsinya termasuk penting. Apalagi sekarang banyak sekali desain lampu yang menarik pada mobil-mobil yang baru keluar beberapa tahun sebelumnya, ada yang memiliki model gagah dan ada juga yang sporty. Tentunya setiap orang memiliki selera yang berbeda tentang desain lampu pada mobil. Lampu yang ada di mobil tentunya bukan hanya sebagai penerang di malam hari saja, tetapi juga memiliki fungsi lain yang sama pentingnya. Salah satunya yaitu lampu rem yang memang ada di posisi belakang kendaraan di kanan serta kiri dan keberadaan dari lampu ini tidak bisa disepelekan atau dianggap remeh karena sangat erat kaitannya dengan keselematan orang-orang yang ada di mobil. Lalu apakah sudah tahu jika di dalam lampu rem terdapat beberapa komponen yang mendukung kerja dari lampu rem, apa saja?

 

Baterai atau aki

Komponen pertama yang membuat lampu rem jadi nyala adalah baterai yang terdapat pada aki yang menjadi sumber listrik untuk semua komponen termasuk lampu rem. Aki juga akan mengalirkan listrik ketika pengemudi menginjak tuas rem sehingga lampu rem akan dengan cepat langsung menyala. Tanpa adanya aki atau baterai, maka bisa dipastikan lampu rem tidak bisa berfungsi sama sekali dan jika terjadi hal seperti ini maka bisa jadi akan berbahaya bagi semua penumpang.

 

Fuse atau sikring

Sikring ini berfungsi sebagai pengaman pada sistem kelistrikan, jika tidak sengaja terjadi sebuah korsleting maka kondisi lampu dan komponen lainnya akan tetap aman. Beda halnya jika tidak ada sikring, maka korsleting akan menyebabkan masalah juga pada kompenen yang lain. Jadi dengan adanya sikring akan membuat semua komponen aman sekalipun ada hubungan arus pendek.

 

Pedal rem

Saat menginjak rem maka lampu rem akan langsung menyala, tetapi jika tidak menginjak rem maka takkan menyala lampunya. Jadi pedal rem ini selain berfungsi untuk mengurangi kecepatan maka bisa sekaligus berfungsi untuk menyalakan lampu rem karena sudah tersambung otomatis.

 

Saklar rem

Saklar berperan sebagai penghubung antara saklar dengan lampu dan juga bisa memutus aliran listrik. Ada 2 jenis saklar yaitu hidrolik dan juga mekanik, tetapi yang sering dipakai adalah jenis mekanik. Saklar mekanik ini terpasang tepat pada pedal sehingga saat diinjak maka saklar akan otomatis terhubung dan lampu akan langsung menyala.

 

Kabel

Semua komponen tentunya akan terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel untuk mengalirkan aliran listrik sehingga masing-masing komponen bisa berfungsi sesuai perannya masing-masing. Kabel yang menghubungkan antara aki dengan lampu rem termasuk banyak sehingga harus terpasang dengan benar.

 

Itulah 5 komponen pada yang ada pada lampu rem dan belum termasuk yang ada di lampu yang lain. Ketika mobil yang dimiliki sudah cukup lama tahun produksinya maka desain lampu belum terlihat lebih modern, berbeda dengan sekarang karena banyak desain lampu mobil terbaru yang menarik. Jika tertarik untuk upgrade menjadi mobil baru, tentunya mobil lama harus terjual dahulu. Untuk mempermudah penjualan kendaraan, sebenarnya setiap orang bisa memanfaatkan aplikasi lelang IBID untuk melelang mobil lama. Bagi yang belum install, sebaiknya langsung download saja di Appstore maupun Playstore dan rasakan pengalaman baru menjual kendaraan dengan cara lelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Otomotif

Veloz – Mobil Idaman Keluarga Anda!

Dapat saya katakan bahwa Toyota Avanza dan Avanza Veloz adalah mobil yang ideal untuk keluarga Indonesia, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk keperluan bisnis. Kemungkinan besar Anda berpikiran sama dan mungkin juga tidak. Namun apapun yang menyebabkan anda menemukan halaman ini, silahkan lanjutkan membaca, karena anda akan menemukan informasi mengenai Toyota Avanza Veloz Facelift 2021. […]

Read More