Inilah 5 Syarat Pinjaman Online yang Wajib Anda Ketahui

Syarat pinjaman online tidak serumit pinjaman dari bank. Persyaratannya cukup mudah dan biasanya dana akan dibayarkan dalam waktu singkat. Jika Anda membutuhkan uang dengan cepat, Anda bisa mengambil pinjaman online sebagai solusinya. Pastikan platform pemberi pinjaman dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

Untuk memastikan penyedia pinjaman online terpercaya Anda dapat memeriksa apakah platform terdaftar atau berlisensi, bagaimana testimonial dan ulasan pelanggan serta cara kerjanya. Legalitas pinjaman online akan berdampak. Fintech legal dan terpercaya akan menyimpan data pelanggan dengan cara yang benar-benar aman.

Karena data tersebut merupakan syarat yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman online. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman secara online, maka Anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat-syaratnya. Biasanya, pinjaman online akan menetapkan 5 persyaratan utama, sebagai berikut :

Cukup Umur

Siapapun dapat mengajukan pinjaman online, asalkan mereka cukup umur. Secara umum, usia minimum untuk memberikan pinjaman online adalah 21 tahun dan maksimum adalah 55 hingga 60 tahun. Dilarang mengajukan pinjaman dari internet jika berusia di bawah 21 tahun, meskipun memiliki akta kelahiran. Ada alasan untuk batasan usia ini. Batasan usia minimal adalah 21 tahun.

Karena pada usia ini seseorang sudah dianggap dewasa dan secara hukum dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya sendiri. Kemudian, rata-rata usia harapan hidup masyarakat Indonesia dan usia pensiun pegawai didasarkan pada batas maksimal 55-60 tahun.

Memiliki Pekerjaan

Calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online tidak hanya harus berusia lanjut, tetapi juga memiliki pekerjaan. Mengingat Anda harus membayar cicilan pinjaman secara rutin dalam pinjaman online, tentunya Anda perlu memiliki usaha untuk menghasilkan pendapatan.

Setiap penyedia pinjaman online pasti akan menetapkan ini sebagai syarat utama. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan yang satu ini, maka pangajuan Anda mungkin ditolak. Untuk itu, saat mengajukan pinjaman, Anda harus menyertakan slip gaji sebagai bukti pekerjaan Anda.

Data dan Dokumentasi Harus Lengkap dan Asli

Agar uang Anda cepat digunakan, data dan dokumen yang dikandungnya harus lengkap dan asli. Data dan dokumen yang diminta biasanya KTP, NPWP dan slip gaji. KTP juga harus disertakan sebagai tanda bukti identitas. KTP juga harus berupa KTP elektronik. Persyaratan NPWP diperlukan untuk bukti wajib pajak sehingga persyaratan pinjaman online dapat dicatat dalam database pemerintah.

Sedangkan slip gaji yang dijelaskan di atas adalah bukti bahwa Anda sudah memiliki pekerjaan. Slip gaji juga bisa menunjukkan kemampuan Anda dalam melunasi cicilan pinjaman. Ketiga persyaratan data dan dokumen ini harus diunggah ke aplikasi pinjaman online dengan foto atau scan. Anda juga akan diminta untuk berfoto selfie dengan KTP untuk membuktikan bahwa foto KTP dan aslinya sama.

Mengajukan Jumlah Pinjaman Sesuai Kemampuan Finansial

Saat menentukan jumlah pinjaman, Anda harus mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu. Pastikan untuk mengajukan jumlah yang sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi Anda. Pasalnya, jika jumlah pinjaman terlalu besar untuk membebani Anda, tentu akan terjadi keterlambatan pembayaran. Umumnya, keterlambatan pembayaran akan dikenakan serangkaian denda.

Memiliki Rekening Bank

Syarat terakhir dalam mengajukan pinjaman online adalah memiliki rekening bank. Saat Anda mengajukan pinjaman online, dana akan dibayarkan dengan mentransfernya ke bank Anda. Akan sangat sulit untuk mendapatkan dana pinjaman cair bagi calon nasabah yang tidak memiliki rekening bank. Seringkali, penyedia pinjaman online meminta foto atau scan sampul depan buku besar sebagai bukti.

Banyak pilihan platform pinjaman online yang berlisensi dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan, Salah satunya adalah platform p2p lending. Di p2p lending syarat sangat mudah,  Sangat cocok bagi anda yang membutuhkan dana cepat. Akseleran adalah salah satu jasa penyedia P2P lending terbaik. Bagi anda yang tertarik mau menggunakan p2p lending kujungi segera halaman resmi nya di www.akseleran.co.id.

Itulah ulasan tentang 5 Syarat Pinjaman Online yang Wajib Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Ongkir dari Korea ke Indonesia Lebih Murah Memakai Kilo.id

Setiap orang kini bisa mendapatkan ongkir dari Korea ke Indonesia yang terjangkau dengan memakai jasa dari Kilo.id. Jasa tersebut akan membantu Anda mengirimkan barang dari luar negeri ke dalam negeri dengan aman dan cepat sampai tujuan. Pakai Jasa Kilo.Id Agar Ongkir dari Korea ke Indonesia Lebih Murah Apabila Anda ingin mendapatkan biaya pengiriman lebih murah, […]

Read More
Bisnis

Libatkan Musisi Yura Yunita, bluMusical Ditonton 150.000 Kali di Berbagai Platform

Acara musikal yang bertajuk bluMusical tayang perdana di kanal media sosial Youtube YouTube blu by BCA Digital dan Instagram mulai 17 Agustus 2021. Berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama, acara musikal ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan. Musikal ini juga penuh dengan […]

Read More
Bisnis

Innovating Jogja 2021 Jadi Ajang Cari Startup di Bidang Kerajinan dan Batik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar kegiatan Innovating Jogja 2021 yang akanmemfasilitasi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mengikuti program inkubator bisnis lewat Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. "Pada gelaran tersebut akan dicari start up berbasis inovasi di bidang kerajinan dan batik dengan sistem kompetisi," tutur Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) […]

Read More