Innovating Jogja 2021 Jadi Ajang Cari Startup di Bidang Kerajinan dan Batik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar kegiatan Innovating Jogja 2021 yang akanmemfasilitasi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mengikuti program inkubator bisnis lewat Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. "Pada gelaran tersebut akan dicari start up berbasis inovasi di bidang kerajinan dan batik dengan sistem kompetisi," tutur Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Doddy Rahadi, Rabu (23/6/2021). BBKB Yogyakarta memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan industri kerajinan dan batik untuk mendukung pengembangan sektor tersebut dan meningkatkan daya saing komersial, produktivitas, serta potensi ekspornya melalui pendekatan inovasi.

"Melalui kegiatan Innovating Jogja 2021, diharapkan hasil hasil inovasi tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku industri," ungkap Doddy. Kegiatan ini sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, berusia di bawah 45 tahun, serta memiliki inovasi dan semangat menjadi wirausaha untuk mengirimkan ide dan inovasinya di bidang kerajinan dan batik. "Melalui kegiatan ini, BBKB Kemenperin akan terus mengawal dan memfasilitasi ide ide dan inovasi luar biasa yang dilakukan secara mandiri maupun berkolaborasi oleh para pelaku industri," terangnya Kepala BSKJI.

Saat ini 247 peserta sudah mendaftar di kegiataan Innovating Jogja 2021 dan 48 peserta yang terpilih untuk mengikuti workhop Business Plan via online. Panitia akan menyeleksi Business Plan yang dihasikan sehingga terpilih 30 peserta yang berhak mengikuti tahap bootcamp Innovating Jogja 2021. Sejak pertama kali digelar pada 2016, Innovating Jogja telah menghasilkan 20 tenants dan 113 peserta yang telah mengikuti bootcamp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Libatkan Musisi Yura Yunita, bluMusical Ditonton 150.000 Kali di Berbagai Platform

Acara musikal yang bertajuk bluMusical tayang perdana di kanal media sosial Youtube YouTube blu by BCA Digital dan Instagram mulai 17 Agustus 2021. Berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama, acara musikal ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan. Musikal ini juga penuh dengan […]

Read More
Bisnis

LOGIN eform.bri.co.id/bpum Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BRI, Berikut Syarat Pencairannya

Berikut cara cek penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kembali dikucurkan pada tahun 2021 ini. Program bantuan yang juga bertajuk Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini akan memberikan dana sebesar Rp 1,2 juta, lebih rendah dari tahun lalu Rp 2,4 juta. Bagi pelaku UMKM yang ingin mengecek apakah menerima BLT […]

Read More