Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengobati Luka Anak

Banyaknya aktivitas anak anak membuat orang tua wajib selalu waspada. Apalagi anakkecil susah sekali diam dan selalu ingin berlarian ke sana ke mari. Akibatnya anak kecil rawan mengalami kecelakaan seperti jatuh dari sepeda, tersandung batu, jatuh terpeleset, dan masih banyak lagi.

Kejadian ini tentu jadi perhatian khusus orang tua agar luka anak tidak semakin parah. Karenanya, wajib bagi orang tua untuk paham bagaimana pertolongan pertama saat anak anak terjatuh. Apakah Kawan Puan sudah memahaminya?

Jika belum, yuk simak ulasannya berikut ini melansir laman . Sesaat setelah anak jatuh dan terluka, bilaslah luka dengan air bersih. Kemudian tunggu kering dan oleskan salep antibiotik dan perban.

Jika darah masih terlihat di perban, dokter menyarankan untuk menekan perlahan luka selama 15 menit dan tinggikan posisi bagian tubuh yang terluka. Jangan bersihkan luka menggunakan alkohol, hidrogen peroksida maupun cairan antiseptik. Alkohol akan sangat menyengat di luka dan ini bisa membuat anak kesakitan hingga trauma.

Sedangkan hidrogen peroksida dan antiseptik bisa merusak kulit anak dan memperlambat penyembuhan. Jika lukanya besar, menganga, dan banyak mengeluarkan darah, anak mungkin perlu mendapatkan jahitan, Orang tua bisa membawanya ke UGD jika luka anak dalam hingga jaringan, ligamen, atau tulangnya terlihat.

Tanda lain orang tua harus membawa anak ke dokter adalah pendarahan yang tidak bisa berhenti hingga 15 menit. Nah Kawan Puan, kecelakaan ketika anak beraktivitas memang biasa terjadi. Namun ingat, sebagai orang tua kita harus sigap dan selalu waspada jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Uncategorized

Final Sepakbola PON Papua Vs Aceh, Ribuan Penonton Padati Stadion Mandala, Fakhri Husaini Merinding

Pelatih tim sepakbola Aceh, Fakhri Husaini mengaku sangat terkesima melihat antusias masyarakat Papua di laga final PON XX Papua ini. Begitu sampai di Stadion sekitar pukul 14.30 WIT, Fakhri tampak turut mengabadikan para pendukung Papua yang sudah memadati Stadion Mandala. "Ya, semoga semuanya aman aman saja," lanjut Fakhri Husaini. Sementara itu, di area Stadion Mandala […]

Read More
Uncategorized

Ingatkan Soal Utang, Wakil Ketua MPR: Belajar dari Kasus Amerika Serikat

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan kembali mengingatkan Pemerintah untuk mengurangi penggunaan utang luar negeri sebagai pembiayaan pengelolaan negara. Pasalnya, utang lndonesia kini semakin bertumpuk dan berpotensi gagal bayar serta dapat membahayakan keuangan nasional. Syarief Hasan mendorong Pemerintah untuk belajar dari Amerika Serikat yang tengah terseok seok karena utang. Memang, Amerika […]

Read More
Uncategorized

Hasil Lazio vs AS Roma Liga Italia Babak I – SMS Cetak Gol Cepat, Giallorossi Tertinggal 2-1

Lazio menutup 45 menit pertama Derby della Capitale menjamu AS Roma dengan keunggulan 2 1, Minggu (26/9/2021). Tersaji di Stadion Olimpico, Lazio mampu unggul terlebih dahulu di menit ke 9 melalui lesakan Sergej Milinkovic Savic. Tuan rumah kembali menambah keunggulan pada menit ke 19 melalui lesakan Pedro. AS Roma yang bermain terbuka menunjukkan ada yang […]

Read More